Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

classic Classic list List threaded Threaded
12 messages Options
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

IMSOIM
Tak harus punya usaha besar untuk membuka lapangan kerja. Beternak jangkrik pun bisa memberikan peluang. Bahkan bisa membantu menjaga kebersihan dengan mengumpulkan limbah-limbah sayur untuk pakan jangkrik dari pasar. Itu sudah dibuktikan Junaidi (43), pria yang mulai berhasil beternak jangkrik di Tiban. Bagaimana ia menjalani usahanya?

Tempat beternak jangkrik milik Junaidi berada di dua tempat. Pertama di jalan Komplek Bapindo, jalan Sanur Blok B No B2, Tiban I. Persis berbelakang dengan rumahnya yang berada di Blok D No C3. Di rumah tipe 37 dan bercat merah mudah itu, Junaidi mulai mengembangkan usaha ternak jangkrik.

Kemarin siang, Batam Pos mendatangi rumah ternak jangkrik itu. Ditemani Junaidi, wartawan koran ini melihat seluruh tempat beternak jangkrik yang dimulai sejak awal Desember 2008. Rumah yang disewa Rp6 juta setahun itu, benar-benar dimamfaatkan keseluruhannya untuk tempat memelihara jangkrik.

Begitu memasuki rumah sudah ada ada kotak-kotak dua tingkat berjejer. Suara jangkrik menyambut dan memecahah kesunyian di rumah itu. Di ruang depan ada dua puluh kotak berukuran 120 sentimeter kali 90 sentimeter. Di dalam kotak yang terbuat dari triplek itulah jangkrik-jangkrik dikembangbiakkan. Ratusan jangkrik memenuhi tiap satu kotak.

Masuk lebih dalam lagi, katak-kotak serupa ditemui. Di kamar yang dulunya kamar tidur, di dapur hingga ke lantai dua rumah itu. ”Di sini ada 50 boks. Satu boks itu berisi satu ons (jangkrik). satu ons sekitar 200-an (jangkrik),” ujar Junaidi saat ditemui di rumahnya, kemarin.

Selain di Tiban I, tempat beternak jangkrik milik Junaidi berada di kawasan Industri Sekupang. Di tempat ini lebih besar lagi karena bangunannya bekas tempat perusahaan. Di sini, jumlah kotak pemeliharaan jangkrik ada 260 kotak.

Kotak pemeliharaan jangkrik itu memamfaatkan bahan-bahan bekas. Mulai triplek, tempat perlindungan jangkrik dari tatakan telur, hingga pelindung kotak yang menggunakan bekas kertas foto ronseng. Tidak hanya tempatnya, pakan jangkrik juga memamfaatkan limbah sayur dan makan yang diperoleh dari pasar. Seperti sawi, mi kering, kepala ikan, dan roti.

Untuk mendapatkan itu, setiap malam pria asal Bengkalis ke Pasar Pagi Jodoh mencari limbah sayur. Bersama karyawannya sekitar pukul 23.00 WIB, ia ke pasar berburu limbah sayur, mi, roti, dan kepala ikan. Satu malam ia bisa mengumpulkan 80 kilogram sayur sawi.

”Itu untuk sekali makan. terus ditambah sayur kangkung yang didapat dari rawa-rawa, jadi satu hari sekitar 120 kilogram sayur untuk makanan jangkrik,” beber Manajer Operasional Prima Tour and Travel ini.

Beternak dan memelihara jangkrik, bagi Junidi, seperti merawat bayi. Tidak boleh kena hujan dan harus telaten. Jangkrik-jangkirk itu diberi makan dua kali sehari, pagi dan sore hari. Makanya, Junaidi membagi tugas karyawannya. Ada yang bertugas mencari pakan dan ada yang bertugas merawat setiap hari.

Beternak jangkrik dimulai Junaidi secara tidak sengaja. Ia pernah melihat jangkrik yang didatangkan ke Batam melalui bandara Hang Nadim Batam. Ia pun bertanya-tanya dan mengetahui jangkrik tersebut didatangkan dari Jawa untuk makanan burung piaraan. Karena belum ada di Batam, jangkrik itu masih didatangkan dari Jawa. Mulai dari situlah Junaidi melihat peluang.

”Kemudian saya baca-baca Alquran. Saya pernah jatuh bangun dalam usaha. Ternyata gak boleh pake nafsu, harus pake hati,” katanya.

Ia pun mulai coba-coba awal Desember lalu. Dengan karyawan dua orang, di rumah yang tepat berbelakangan dengan rumahnya ia mulai beternak jangkrik. Awalnya ia membeli satu ons atau sekitar 200 jangkrik dari Jawa untuk eksprimen. Kemudian ia membeli jangkrik sepuluh kilo untuk dikembangkan dalam 50 kotak. ”Modal awalnya itu satu boks Rp80 ribu,”ungkapnya. Dengan 50 kotak yang masing-masing berisi satu ons jangkrik atau 200-an, ia bisa menghasilkan berkilo-kilo jangkrik yang siap dijual. Satu ons telur jangkrik bisa berkembang menjadi 6-7 kilo jangkrik.

Setelah eksprimennya mulai menunjukkan hasil, Junaidi memperbesar usahanya. Ia pun menambah karyawan menjadi 53 orang. Ia menambah tempat usaha di kawasan Industri Sekupang. Di tempat itu, Junaidi membuat 260 kotak. Sekali panen secara keseluruhan tempat peternakan jangkrik bisa menghasilkan 350 kilo jangkrik.

Jangkrik itu di jual ke toko-toko pakan di Batam, Tanjungpinang, dan Tanjungbalai Karimun. satu kilo ia jual Rp90 ribu. ”Masih untuk pasar lokal. Kedepannya bisa ke Singapura. Tapi untuk sini saja, kebutuhan itu belum terpenuhi,” katanya. ***(Sumber : Batam Pos)

(Semoga menjadi motivasi dan inspirasi teman-teman)
imsoim
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

Aphe
 hebat..hebat.. salut banget dah...

pengin bisa kaya gitu..... semoga saja. amin...
.:: Belajar untuk terus maju ::.
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

IMSOIM
ya...... aku juga punya impian punya usaha sendiri apa aja yg penting halal dan tidak melanggar hukum, bisa mencukupi kebutuhan hidup, bebas ga di suruh-suruh orang, bisa hidup merdeka.............
bebas kapan aja bisa punya waktu luang untuk urusan-urusan hoby, bersosialisasi dengan sesama manusia dan lebih mendekatkan diri pada Gusti Alloh.........
imsoim
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

Aphe
betul mas.. aku juga pengin nyari duit dari hobby.. kerja ky gini gak enak rasanya.. masih kurang puas..

oiya, kl bisnis pulsa mau ga?
.:: Belajar untuk terus maju ::.
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

IMSOIM
mau.... tp bagaimana sistemnya.........
imsoim
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

Aphe
pertama, daftar dulu. gratis. bisa daftar ke saya  

setelah mendaftar kita mendapatkan nomor pin yang bisa digunakan untuk mengisi pulsa ke semua operator. tp harus diisi saldo dulu... kl tertarik nanti saya bikin daftar harganya.

.:: Belajar untuk terus maju ::.
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

tiyokrik
In reply to this post by IMSOIM
untuk penghobi Burung, ikan hias dan Reptil ,kami perkumpulan beberapa peternak jangkrik batam,siap menerima pesanan jangkrik ataupun telur jangkrik dengan harga di jamin lebih murah < area batam > dengan kwalitas yang membanggakan, melayani juga order Ulat hongkong. anda punya inginan order ataupun sekedar Sharing silahkan hubungi kami " 085646231042 ". keramahan kesopanan dan profesionalisme kami terapkan
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

heronimus
In reply to this post by IMSOIM
untuk orang awam yg mau mencoba bagaimana ya tahap awalnya?
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

hariz
pak junaidi, bisakah kita pasarkan jangkrikke singapura, saya punya jangkrik
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

Yoga jiwandono
In reply to this post by IMSOIM
Harga jangkrik per kg sekarang brp gan
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

muhammad ruseno
In reply to this post by IMSOIM
mas junaidi, sy minta alamat ternak jangkrik tmpt bpk? sy mau beli telur jangkrik. no hp jg?
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Junaidi peternak jangkrik dari Tiban, Batam

anton d'smile advertising
In reply to this post by heronimus
bang saya baru rencana mau buat ternak jangkrik jga , kalo ga keberatan bisa ga ksih info tmpat beli bibit dan skalian tempat jual panenya,,,,ini no wa saya +62 852-7473-9766